Tuesday, May 3, 2016

MAMBUAT INTRO VIDEO TEMPLATE BLENDER

MAMBUAT INTRO VIDEO TEMPLATE BLENDER


Kesempatan kali ini saya ingin, membagi ilmu dan pengetahuan yang saya pelajari secara autodidact tentang bagaimana membuat intro video template secara mudah dan praktis, dengan ketentuan sebagai berikut :

Pertama-tama kalian lihat preview intro videonya yang saya sudah coba buat di aplication Blander yang sudah jadi.

Lihat Intro Video Youtube :


Download aplikasinya di bawah ini yang sudah saya siapkan, hanya sekitar 80mb size aplication Blender tersebut.

Download Blender Aplication Free

Lalu download filenya dan simpan di satu folder baru yang kalian inginkan.
Template Blender :


Setelah di pastikan selesai dengan ketentuan diatas, lalu buka file template Blander yang sudah kalian download atau unduh yang sudah kalian simpan di folder yang baru.

Maka akan muncul tampilan seperti ini :


http://unlimitshared.blogspot.co.id/

Lalu klik kanan pada text tekan Tombol keyboard "Tab" di "custom" makan akan tampil seperti ada list orange di setiap hurufnya :

http://unlimitshared.blogspot.co.id/

Dan untuk mengganti text "custom" dengan text lain yang kamu inginkan contohnya "David", Tekan tombol keyboard "Tab" akan muncul seperti menulis text.

http://unlimitshared.blogspot.co.id/
Text ke-1
Lihat gambar di atas, saya beri tanda linkaran hijau :
  • Linkaran besar atas : untuk mengganti text pertama (karena ada dua text double dalam Tulisan tersebut atau ada dua lapis tulisna yang akan kita edit)
  • Linkaran kecil bawah : adalah keterangan untuk text pertama,(jika kalian klik di antara text "custome" berkali-kali maka akan berubah keterangan di atas menjadi text atau text 002)
Jika sudah kalian rubah Text pertama yang saya beri tanda linkaran kecil warna hijau, maka akan seperti ini tampilan nya :

http://unlimitshared.blogspot.co.id/
Text ke-1
Lihat gambar di atas, terbentuk dua tulisan "custom"(text002) dan "David"(text)

Setelah itu kalian klik kanan pada text "custome" ke-2(text002) lalu tekan tombol keyboard, dan pastikan klik kanan di text "custom" berwarna list orange di semua sisi huruf "custom", lalu kalian hapus semua text "custome" sampai habis dan menggantinya dengan text baru "David" :

http://unlimitshared.blogspot.co.id/
Text ke-2 (perhatikan setiap sisi berwarna orange di text "custome")
http://unlimitshared.blogspot.co.id/
Text ke-2 (hapus semua text "custom" keseluruhan dan ganti dengan text yang kalian inginkan)

Jika tidak muncul sisi orange di setiap listnya, saya ulangi lagi, klik kanan pada text "custome" lalu tekan "tab" pada tombol keyboard sampai pada text yang kalian ingin rubah text tersebut dengan yang anda inginkan, jika sudah muncul sisi orange di setiap text "custome" maupun "David" klik kanan kembali pada text yang kalian ingin ganti, lalu tekan "tab" pada text tersebut, sehingga muncul simbol tegak lurus seperti yang saya sudah jelaskan di atas dengan "Lingkaran hijau besar".

http://unlimitshared.blogspot.co.id/
Text ke-2 (text ke-1 & text ke-2 sudah menyatu)
Juka sudah sama Text ke-1 dan Text ke-2, lalu klik kiri dan tahan lalu geser ke arah kanan, makan videonya akan berjalan sesuai dan seperti yang kalian gerakkan ke kanan maupun kekiri.

http://unlimitshared.blogspot.co.id/

Perhatikan ganmbar di atas, yang saya berikan tanda linkaran hijauh dan panah hijau,
  • Linkaran atas : untuk output atau display, sesuai template yang sudah kalian download, di gerakan pada "Lingkar bawah yang kalian gerakan maupun geser ke arah kanan maupun kiri,
  • Linkaran bawah : untuk melihat output pada "Lingkaran atas" yang sudah kalian edit, geser saja sesuka kalian sampai cursornya loncat keluar monitor, heheheh.

http://unlimitshared.blogspot.co.id/

Jika text yang kalian sudah rubah terlalu besar, dan tidak sesuai dengan kenginan, kalian bisa merubah ukuran hurufnya kok, seperti gambar di atas text "David" pada lingkaran yang memutar.

http://unlimitshared.blogspot.co.id/
Object - Delta Transform (untuk merubah size huruf)

Lihat Linkaran Sebelah kanan yang sudah saya berikan tanda ada dua option sama persis, namun berbeda fungsi, option "transform" dan "delta transform" nah kalian pilih untuk mengutak-atiknya dengan option "delta transform" utak-atik dan rubah sesuai ke inginan anda, tidak usah saya ajarkan masalah seting menyeting, kalian pasti sering seting menyeting dan paham masalah akan seting menyeting.

http://unlimitshared.blogspot.co.id/
Resize Font

Gambar di atas, adalah text yang saya sudah resize atau atur ulang ukuran hurufnya, agar terlihat cantik saat video berjalan nantinya.

Yeeee, selesai sudah, tinggal cara save project nya, kita lhat gambar berikut yang saya beri tanda linkaran dan panah hijau.

http://unlimitshared.blogspot.co.id/

Lihat Lingkar kecil di atas, itu namanya option "render", lalu scroll kebawah ada keterangan "Output" save project kalian di folder tempalte yang sudah kalian download, jika sudah di save itu belum menyelesaikan projecknya, lalu kalian scroll ke atas kembali, seperti gambar di bawah klik "render" seperti tanda yang saya beri lingkaran hijau.

http://unlimitshared.blogspot.co.id/
Render

Lalu akan render otomatis, seperti muncul gambar seperti dibawah ini :

http://unlimitshared.blogspot.co.id/

Lalu masih di option yang sama, klik animation, dan tunggu hasil membaca framenya selesai, seperti linkaran paling bawah total frame yang ada pada template tersebut.

http://unlimitshared.blogspot.co.id/

Diproses inilah komputer kalian terasa berat, dan cukup lama prosesnya, size untuk video intro ini kecil kok walau saja savenya lama, mungkin di pikiran kalian besar size intro video ini, karena membaca animasinya dan effect nya yang lama, sediakan kopi panas aja buat nuungguin prosesnya.

Jangan segan untuk bertanya, saya akan bantu semampunya untuk kalian yang ingin mempercantik video kalian, apa lagi yang suka hobby buat atau edit video khususnya, terima kasih.



5 comments:
Write komentar
  1. Replies
    1. Bukan bro, itu software komputer, ga bisa buat android.

      Delete
  2. gan, mw nanya dong, itu kan text nya ada 2, klw mau make 2 text itu bergantian gimana ? maksudku, di detik 1-10 text satu lalu di 11-20 detik terakhir pake text kedua.

    ReplyDelete